FK-KIM KARAWANG, Karawang Barat – Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Karawang, mengadakan Seminar Dan Deklarasi Pelajar Anti Hoax dengan tema Generasi Milenial Anti Hoax, bertempat di SMKN 1 Karawang, Rabu (10/4/2019).

Hadir pada kesempatan itu undangan dari Diskominfo Kab. Karawang, Polres Karawang, Ketua RTIK Jawa Barat dan Dinas Pendidikan Karawang.
Acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, setelah sebelumnya diawali sambutan dari Kepala SMKN 1 Karawang, Agus Rukmawan.

Ia sangat mengapresiasi panitia yang sudah memberi kepercayaan kepada lembaganya, dengan menjadikan sebagai tempat acara seminar dan deklarasi.

Sekretaris Diskominfo, Dra. E. Srimulyani menyampaikan bahwa hoax lebih tendensi pada mencelakai dan menghina orang. Zaman dahulu perang secara fisik, namun dijaman teknologi informasi dengan media sosialnya.

“Kita harus bisa menangkal hoax apalagi generasi milenial yang lebih paham penggunaan teknologi dan menggunakan medsos sebagai alat penyebaran informasi, apalagi usia muda yang masih labil dalam menerima informasi,” katanya.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian tentang Generasi Milenial Anti Hoax oleh para narasumber, diantaranya dari Polres Karawang yang menyampaikan efek dari ujaran kebencian, yaitu terjadinya perkelahian ataupun saling mencelakai, dan hal ini bukan hanya dikalangan pelajar.

Narasumber ke dua dari Diskominfo, secara umum membahas tentang tips menangkal hoax dan simulasi tindakan hoax oleh beberapa anak didepan audien. Terakhir dari Kang Fajar, Relawan TIK menyampaikan tentang fungsi medsos dan dampaknya terhadap tranformasi informasi.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *