KARAWANG – Bupati Karawang, dr Hj Cellica Nurrachadiana masuk dalam nominasi penerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBKPK).
Penghargaan Satya Lencana Pembangunan merupakan penghargaan tertinggi oleh Presiden kepada seorang Gubernur, Bupati/Wali kota atas komitmen serta dukungan terhadap program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).


Tim uji petik yang hadir di Lantai 3 gedung Singaperbangsa Karawang, terdiri dari Ketua Tim Peninjauan Pusat Kasubag Verifikasi tingkat Sipil Sekretaris Militer, Siti Isroyati SH, Kasubdit Hubungan Lembaga Pemerintah BKKBN Pusat. Lalu, dari tim Provinsi yakni Kasubbid Hubungan Antar Lembaga BKKBN Provinsi Jawa Barat dan Sekretaris BKKBN Jawa Barat.
Dalam acara peninjauan tersebut, Bupati Karawang memaparkan kondisi Kabupaten Karawang mulai dari visi misi hingga geografis. Dalam paparannya, Bupati mengatakan, dukungan kebijakan Bupati Karawang bersama Wakil Bupati terhadap program KKBPK cukup tinggi. Ada 8 SK yang dikeluarkan untuk kemajuan KKBPK.
Tak hanya SK, Bupati juga mendukung secara anggaran yang setiap tahun terus meningkat. Yakni pada tahun 2016 hanya Rp 13.169.761.449 lalu pada tahun 2017 ada peningkatan menjadi RP 14.755.026.106 dan di tahun 2018 lalu Pemkab telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 16.474.382.000.
Sementara prioritas program KKBPK difokuskan untuk mempertahankan CPR, peningkatan kualitas ber-KB, sosialisasi pendewasaan usia perkawinan (PUP) melalui kampanye genre dan optimalisasi kelompok PIK remaja, kampanye pembangunan keluarga melalui kampung KB.
“Target Kampung KB dan lokasi pembentukan sampai akhir tahun 2021 seluruh desa atau kelurahan sudah memiliki minimal satu kampung KB atau terbentuk sebanyak 309 kampung KB se-Karawang,” ujar Bupati Cellica. (diskominfo)