Tentang FK-KIM Karawang

PENDAHULUAN

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah sebuah lembaga yang berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat, serta menjembatani masyarakat dan pemerintah daerah dalam penyebaran informasi dan penyerapan aspirasi. KIM dapat mengambil perannya dalam memberikan informasi hasil pembangunan yang sedang berjalan atau sudah dilaksanakan oleh pemerintah, serta sebagai mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik.

Dimana dalam menghadapi era globalisasi dan kebebasan informasi, banyak media informasi baik cetak maupun elektronik dapat diakses oleh masyarakat. Sementara kondisi tersebut menimbulkan polemik baru akibat sebagian masyarakat yang belum memiliki kemampuan untuk mengakses dan menelaah muatan informasi tersebut, sehingga perlu adanya wadah bagi masyarakat untuk memperoleh informasi serta menyalurkan informasi yang ada di masyarakat.

Forum Komunikasi (FK) KIM Kabupaten Karawang merupakan sebuah wadah yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) untuk mempercepat proses pembentukan KIM di 309 desa dan kelurahan di Kabupaten Karawang. FK-KIM Karawang memiliki tugas diantaranya memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi, serta menjadi salah satu solusi alternatif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam berbagai sektor.

VISI DAN MISI

Visi :

Tercapainya masyarakat informatif yang cerdas, berdaya, dan berbudaya berlandaskan nilai dan moral Pancasila.

Misi :

  • Meningkatkan sistem informasi masyarakat.
  • Meningkatkan produktivitas dan kemandirian bidang usaha masyarakat melalui informasi yang cerdas dan inovatif.
  • Meningkatkan perkembangan teknologi informasi dengan tetap mengutamakan tradisi dan budaya masyarakat.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud :

Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, serta kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bidang.

Tujuan:

  • Menjadi mitra kerja pemerintah dalam menyebarluaskan informasi pembangunan kepada masyarakat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat.
  • Menjadi mediator informasi dan komunikasi pemerintah kepada masyarakat secara timbal balik dan berkesinambungan.
  • Menjadi penerima, pengelola, serta penyebar informasi kepada masyarakat sehingga tercapai kesejahteraan masyarakat.

Jl. A. Yani No. 10 Karawang - GEDUNG ISLAMIC CENTER - Karawang 41315